Mendiang Steve Jobs pernah diberhentikan dari perusahaan yang dia dirikan sendiri, Apple karena dia dianggap terlalu kreatif. Namun, setelah berhenti, Jobs malahan membangun perusahaan lagi dengan modal 10 juta dollar AS. Setelah maju, perusahaannya itu dibeli oleh perusahaan tempatnya bekerja dulu dengan harga 500 juta dollar AS.

"Steve Jobs adalah inovator dunia,dia mampu mentransformasi kehidupan kita,mengartikan lagi industri secara keseluruhan dan mencapai salah satu pekerjaan terlangka dalam sejarah manusia,dia mengubah cara kita melihat dunia" ( Obama ).

Apa sesungguhnya yang menjadi kaidah keberhasilan Steve? Berikut ini adalah 7 Kaidah Keberhasilan menurut Steve :

1.Lakukan apa yang kamu suka
"Orang dengan keinginan besarnya bisa mengubah dunia menjadi lebih baik". Steve Jobs juga pernah mengatakan,"Saya lebih suka mendapatkan pekerjaan sebagai seorang penjaga bus atau menjadi sesuatu sampai saya dapat menggambarkan apa sesungguhnya keinginan terbesar saya". Keinginan besar adalah segalanya.

2.Percaya pada Kekuatan Visi
Steve pernah bertanya kepada presiden Pepsi, John Sculley,"Apakah Anda ingin menghabiskan hidup Anda dengan menjual air gula atau Anda ingin mengubah dunia?"
Jangan kehilangan pandangan dari visi yang besar

3.Buat Hubungan
Jobs pernah mengatakan kreatifitas adalah menghubungkan berbagai hal. Orang dengan pengalaman hidup yang luas seringkali melihat hal-hal dimana orang melewatkannya. Dia pernah mengambil kelas kaligrafi dimana dia tidak pernah mempraktekannya dalam kehidupannya-sampai dia kemudian mendirikan Macintosh. Jobs menjelajahi India dan Asia. Dia belajar desain dan perhotelan. Jangan hidup dalam gelembung. Hubungkan gagasan dari berbagai bidang.

4. Katakan "tidak pada 1000 hal"
Ketika dia kembali ke perusahaan yang pernah didirikannya Apple pada tahun 1997, dia berhadapan dengan 350 produk, kemudian dia menguranginya menjadi hanya 10 produk saja selama 2 tahun. Mengapa ? karena dia ingin sebuah tim unggulan pada masing-masing produk.

5.Buat Pengalaman gila-gilaan yang berbeda
Jobs juga mencari inovasi dalam pelayanan pelanggan. Ketika dia pertamakali datang dengan konsep Apple Stores, dia mengatakan mereka harus berbeda karena bukan hanya kotak bergerak, tapi toko-toko Apple akan memperkaya kehidupan.Segala sesuatu tentang pengalaman yang Anda miliki ketika Anda berjalan ke toko-toko Apple dimaksudkan untuk memperkaya hidup Anda dan menciptakan hubungan emosional antara Anda dengan merek Apple.
Jadi, apa yang Anda lakukan untuk memperkaya kehidupan pelanggan Anda?

6.Kuasai Pesan
Anda boleh memiliki idea terbesar di dunia, tetapi jika Anda tidak mampu menyampaikannya, maka tidak ada artinya. Jobs adalah pendongeng perusahaan terbesar dunia. Dia bukan hanya memberikan presentasi seperti kebanyakan orang, ia memberitahu, dia berpendidikan, dia memberi inspirasi dan dia menghibur, semua ada dalam presentasinya.

7.Jual Mimpi, Bukan Produk
Jobs menangkap imaginasi kita karena dia sungguh memahami pelanggannya.Dia tahu bahwa komputer tablet tidak akan menangkap imaginasi kita jika mereka terlalu rumit.Hasilnya? satu tombol di depan dari iPad.Sangat sederhana, anak 2 tahun pun bisa menggunakannya. Pelanggan Anda tidak peduli dengan produk Anda. Mereka peduli dengan diri mereka sendiri, keinginan mereka,ambisi mereka.Jobs mengajarkan kita bahwa jika Anda membantu pelanggan Anda meraih impian mereka, Anda akan memenangkan hati mereka.

Steve Jobs mewariskan kegilaan dalam sebuah impian besar, yakin pada diri sendiri, yakin dalam visi dan selalu siap untuk membela ide-ide. Bagaimana dengan Anda?